Selasa, 15 Oktober 2013

Tips menjaga kesehatan mulut

Menjaga kesehatan mulut adalah suatu hal yang sangat penting, karena jika mulut anda tidak sehat seperti mulut anda bau, itu akan membuat anda sendiri merasa tidak percaya diri. Maka dari itulah kita perlu untuk menjaga kesehata mulut kita.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan mulut:
1.    Hal yang pertama adalah dengan cara menggosok gigi secara rutin pada pagi hari atau sehabis sahur dan sebelum tidur. Pada saat menggosok gigi uusahakan untuk menggosok pada bagian langit-langit mulut kita dan jiga lidah karena biasanya sisa-sisa makanan biasa menempel dibagian-bagian tersebut.
2.    Usahakanlah untuk menghidari makanan yang berbau menyegat seperti bawang, durian, pete dan jengkol.
3.    Perbanyaklah mengkonsumsi air putih yang berguna untuk menjaga air dalam tubuh kita.
4.    Konsumsilah makanan probiotik yang berguna untuk mencegah bau mulut dan membantu kesehatan pencernaan kita.
5.    Sebaiknya hindari minuman beralkohol dan rokok, karena itu selain tidak bermanfaat untuk kesehatan kita juga tidak baik untuk mulut kita. Semuanya itu dapat memicu terjadinya periodonititis dan gingivitis yang dapat memperburuk kebersihan mulut. Selain itu juga, alkohol dapat mengurangi produksi air lir yang dapat mengakibatkan semakin cepatnya perkembangn bakteri.
6.    Konsumsilah bahan-bahan seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary dan kapulaga yang bermanfaat untuk menangkal dan memerangi bau pada mulut.
7.    Konsumlilah buah dan sayuran seperti apel, wortel dan bengkoang ataupun yang lainnya, karena selain itu baik buat kesehatan kita, baik juga untuk mulut kita.
8.    Konsumsilah keju, karena keju dapat memerangi bakteri dalam mulut kita. Keju ini kaya akan kallsium, rendah karbohidrat dan juga mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur dan juga mengurangi pertumbuhan karang gigi.
9.    Konsumsilah vitamin C untuk menjaga kesehatan mulut kita serta bisa mengatasi bau pada mulut. Karena Vitamin C ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Dapatkanlah vitamin C ini dari buah dan makanan lain jangan dari suplemen-suplemen yang saat ini banyak beredar.
10. Hindari pemakaian terlalu sering obat kumur, karena akan membuat anda ketergantungan dengan obat kumur, selain itu juga ada beberapa obat kumur yang malah membuat mulut kita menjadi bau dikarenakan jarang memakai obat kumur tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang semoga bermanfaat bagi anda untuk melkukan perawatan pada mulut.

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar