Selasa, 15 Oktober 2013

Gejala-gejala Penyakit Kanker Payudara

Kanker payudara atau bahasa kedokterannya disebut dakarsinoma payudara adalah tumor ganas yang tumbuh pada jaringan payudara. Jenis kanker ini sering terjadi pada kaum wanita dan tidak menutup kemungkinan jika kanker tersebut terjadi pada kaum pria, hanya saja kasusnya sangat jarang.
Frekuensi kasus penyakit ini relatif tinggi di negara berkembang dan merupakan yang terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya. Sedangkan di Indonesia sendiri kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker serviks.


Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda gejala-gejala kanker payudara dan cara melakukan deteksi dini. Ada beberapa gejala kanker payudara yang dapat dirasakan. Berikut adalah gejala-gejalanya:
  • Adanya benjolan pada payudara yang dapat dirasakan ketika diraba.
  • Perubahan bentuk serta ukuran payudara.
  • Adanya luka di sekitar puting susu dan sekitarnya yang sukar di sembuhkan.
  • Adanya cairan seperti, darah atau nanah yang berwarna kuning dankehijauan yang keluar dari puting susu.
  • Terjadi perubahan pada puting susu seperti gatal, terasa terbakar, dan tertarik ke dalam (retraksi).
  • Adanya kerutan seperti kerut kulit jeruk purut pada kulit payudara.
  • Pada stadium lanjut bisa menyebabkan seperti, nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.
Segera periksakan payudara Anda ke dokter jika timbul gejala-gejala yang telah disebutkan tadi agar bisa segera ditangani dengan baik. Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan dapat disembuhkan jika masih pada stadium awal.
Untuk mendeteksi secara dini dapat dilakukan pemeriksaan sendiri pada payudara setiap 5 hingga 7 hari setelah masa menstruasi, dengan mammografi atau pemeriksaan dengan sinar X, atau dengan biopsi (mengangkat sedikit jaringan kelenjar susu untuk diagnosis).Kunci untuk bertahan hidup yaitu dengan cara mendeteksi kanker payudara sedini mungkin, sebelum kanker tersebut mempuyai kesempatan untuk menyebar.
Itulah yang bisa saya beritahukan kepada Anda mengenai gejala-gejala kanker payudara. Untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya Anda tetap menjaga pola hidup sehat karena ada pepatah yang mengatakan “ mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar