Selasa, 15 Oktober 2013

Tips Menjaga Kesehatan Kaki

Melakukan perawatan kaki merupakan sesuatu yang penting yang harus dilakukan oleh semua orang untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, kebanyakan orang yang melupakan hal ini, padahal kaki itu merupakan salah satu bagian tubuh kita yang jaga. Karena kaki memiliki konstribusi penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berdiri serta berjalan.
Maka dari itu, melakukan perawatan kesahatan kaki itu sangatlah penting. Karena tubuh bagian bawah terutama bagian kaki ini memiliki tugas yang sangat penting untuk mendukung berat badan dari seluruh tubuh dan menjadi bagian yang paling sering digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat serta menjaga kesehatan kaki:
·         Periksa kaki secara teratur
Memerikasa kaki secara teratur dapat membantu dalam mendeteksi jika terjadi perubahan atau penyimpangan pada kaki seperti perbedaan warna kaki, tebal, suhu, serta kaki yang pecah-pecah.
·         Cuci kaki setiap hari
Cuci kakilah setiap hari untuk memasikan bahwa kaki anda tetap besih dan jangan lupa juga untuk mencuci bagian disela-sela jari setelah itu segera keringkan kaki jika kaki sudah dicuci, karena kulit kaki yang basah akan membuatnya tidak elastis sehingga kaki mudah mengalami pecah-pecah.
·         Potong kuku kaki secara teratur
Potonglah kuku kaki secara teratur, namun berhati-hatilah jangan memotong kuku terlalu pendek karena dapat mengakibatkan luka pada kulit.
Khusus bagi wanita yang suka menggunakan cat kuku, sebaiknya hanya dipakai maksimal selama seminggu karena pemakaian cat kuku dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kuku rapuh serta menimbulkan masalah kaki lainnya.
·         Gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki anda
Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki anda, prioritaskan memilih sepatu yang nyaman anda gunakan.
·         Hindari berjalan atau berlari dengan tidak menggunakan alas
Jangan sering dibiasakan berjalan atau berlali tanpa menggunakan alas kaki karena dapat menyebabkan beberapa insiden yang dapat mengganggu kondisi kaki.
·         Mengankat kaki ke dinding setelah berdiri dalam waktu yang lama
Usahakan angkat kaki anda ke dinding setelah berdiri dalam waktu yang lama agar melancarkan peredaran darah di vena. Melancarkan vena itu bisa membantu mencegah pembekuan darah setelah berdiri lama.
·         Jangan mengabaikan rasa sakit pada kaki
Jangan pernah abaikan rasa sakit pada kaki anda, krena rasa sakit pada umumnya berhubungan dengan adanya peradangan atau sebab lain yang tersembunyi. Maka segeralah untu mengkonsultasikan dengan dokter ketika kaki anda timbul rasa sakit.
Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kaki anda agar tetap sehat dan terjaga. Semoga bermanfaat.a

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar